• 085-242-666-706

Cari di web!

Masukkan kata kunci anda. Hasil pencarian adalah dari google!

 

 

 

Manfaat E-Learning

E-learning adalah suatu sistem atau konsep pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses belajar mengajar. Berikut manfaat e-learning:

  1. Fleksibel. E-learning memberi fleksibilitas dalam memilih waktu dan tempat untuk mengakses perjalanan. Belajar Mandiri. E-learning memberi kesempatan bagi pembelajar secara mandiri memegang kendali atas keberhasilan belajar.
  2. Efisiensi Biaya. E-learning memberi efisiensi biaya bagi administrasi penyelenggara, efisiensi penyediaan sarana dan fasilitas fisik untuk belajar dan efisiensi biaya bagi pembelajar adalah biaya transportasi dan akomodasi.
Kelebihan E-learning ialah memberikan fleksibilitas, interaktivitas, kecepatan, visualisasi melalui berbagai kelebihan dari masing-masing media (Sujana, 2005 : 253 ). Menurut L. Tjokro (2009:187), E-learning memiliki banyak kelebihan yaitu :
  1. Lebih mudah diserap, artinya menggunakan fasilitas multimedia berupa gambar, teks, animasi, suara, video. Jauh lebih efektif dalam biaya, artinya tidak perlu instruktur, tidak perlu minimum audiensi, bisa dimana saja, bisa kapan saja, murah untuk diperbanyak.
  2. Jauh lebih ringkas, artinya tidak banyak formalitas kelas, langsung pada pokok bahasan, mata pelajaran sesuai kebutuhan.
  3. Tersedia 24 jam/hari – 7 hari/minggu, artinya penguaasaan materi tergantung pada semangat dan daya serap peserta didik, bisa dimonitor, bisa diuji dengan e-test.

Manfaat Bagi Peserta Didik

Dikembangkan dengan memperhatikan konteks kurikulum 2013. DX E-Learning bersifat spesifik pada tingkat SMA dan ditujukan bagi pengguna di level SMA. Namun demikian tidak menutup kemungkinan dapat digunakan pada level SMP dan SD hanya saja perlu dilakukan sedikit trik pada settingan guru/instrukturnya.

Sajian materi belajar dalam sistem ini dibagi dalam kompetensi dasar (KD), Artinya setiap KD dapat memiliki module belajarnya sendiri. Modul-modul tersebut tersedia berdampingan dengan tombol mengerjakan tugas pada sisi peserta didik. Dengan cara itu maka setiap KD pembelajaran tidak akan terlewatkan, karen peserta didik dapat mengontrol KD yang sudah dipelajari dan diuji dengan yang belum. Berikut gambaran sajian materi belajar:



Jika peserta didik telah mengerjakan tugas maka dibagian bawah perintah tugas akan muncul Score, sedangkan jika belum mengerjakan tugas maka pada posisi tersebut muncul tombol Kerjakan Tugas. Disamping kanannya terdapat Module. Jika diklik maka peserta didik akan mendapatkan modul yang telah dibuat oleh Bapk/Ibu guru pengempu mata pelajaran tersebut. Module yang tersimpan dapat berupa file dokumen Ms. Word, Excel, Power Point, dan file lainnya, dan dapat pula berupa Video atau link video tertentu misalnya (youtube, vimeo, dll).

Manfaat Bagi Pengajar (Guru/Instruktur)

Bagi tenaga pengajar tentu saja mendapatkan banyak manfaat dari terselenggaranya DX e-learning ini.

  1. Manfaat yang didapatkan dari sisi pengajar modul-modul tidak perlu dibagikan melalui media tertentu seperti WA/Email, dll, karena cukup dengan login di akun masing-masing dan memposting pada nomor KD yang sudah ditentukan
  2. Manfaat lainnya adalah tersedianya sistem CBT (Computer Based Test) atau dengan nama lainnya seperti E-Test, turut mendukung nilai plus daripada DX e-learning
  3. Pengelolaan atau manajemen penilaian peserta didik juga dapat terdokumentasi dengan baik. Para pengajar dapat mengontrol peserta didik yang belum mengerjakan tugas pada KD tertentu hanya dengan melakukan scroll layar ke atas atau kebawah
  4. Tersedianya sistem notifikasi pada sistem DX e-learning juga memberikan fungsionalitas tersendiri bagi pengajar. Sistem notifikasi ini dapat dimanfaatkan oleh pengajar untuk melakukan notifikasi kepada peserta didik terkait tugas-tugas yang belum dikerjakan atau tugas-tugas yang belum lengkap, atau hal-hal lainnya yang perlu diinformasikan kepada peserta didik
  5. Download nilai peserta didik kedalam bentuk file excel. Untuk melakukan cek dan ricek, pengajar juga dapat melakukan download nilai peserta didik kedalam bentuk file excel. Dalam file tersebut format penulisan nilai dibuat horizontal sehingga seluruh peserta beserta nilainya dapat dilihat dengan mudah.

Manfaat Bagi Pihak Sekolah

Dengan terselenggaranya DX E-Learning aktivitas peserta didik di sekolah tersebut dapat meningkat signifika, karena setiap pengampu mata pelajaran dapat memberikan tugas online (daring) secara simultan dan berkesinambungan.